Aplikasi Manajemen Risiko Salah Satu Bentuk Memaksimalkan Penerapan Manajemen Risiko

UAT ( User Acception Tracing ) Aplikasi Manajemen Risiko


Di era yang semakin pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini pekerjaan manusia semakin dipermudah dengan penerapan teknologi diberbagai sektor atau biasa disebut dengan Industri 4.0. Penerapan teknologi dalam mengelola risiko merupakan salah satu adaptasi dari industri 4.0 dimana teknologi berperan aktif untuk mengelola risiko pada organisasi. Dengan aplikasi ini dapat meningkatkan pengelolaan risiko karena aplikasi manajemen risiko dapat terintegrasi.

Pada tanggal 17 Oktober 2023 telah diadakan UAT ( User Acception Tracing ) aplikasi manajemen risiko dari ManRisk dengan PLN Energi Primer Indonesia yang diadakan di D.101 PLN Nusantara Power, Surabaya.



Acara tersebut dihadiri olehbeberapa stakeholder PLN EPI terutama Sektretaris Manajemen Risiko  yang hadir secara langsung maupun melalui Zoom. Acara dibawakan oleh Bapak Handoko selaku Divisi Teknologi Informasi. UAT tersebut bertujuan untuk melakukan peninjauan apakah software sudah sesuai dengan kebutuhan dari PLN EPI. Pada tahap pertama dilakukan pengenalan software seperti proses penggunaan aplikasi serta pengecekan sistem informasi yang dilakukan oleh pihak PLN EPI.

Pada tahap kedua dilakukan penyiapan data-data risiko meliputi kriteria risiko, tingkat risiko, dampak risiko pada organisasi, dan kategori risiko. Dan tahap terakhir dilakukan penginputan data seperti identifikasi, penilaian, persetujuan, dan pengendalian. Penggunaan software ini pada PLN EPI merupakan rekomendasi dari PJB yang telah memiliki portofolio dan telah lama menggunakan aplikasi manajemen risiko dari ManRisk.  Selain itu, aplikasi manajemen risiko kami juga dibuat sesuai dengan ISO 31000. 

ISO 31000 merupakan standar internasional yang berfokus pada pengelolaan risiko dan mengandung prinsip-prinsip manajemen risiko yang dapat diterapkan pada organisasi dari berbagai sektor. Dengan penerapan ISO 31000 pada sistem informasi manajemen risiko dapat mempermudah pengambilan keputusan yang lebih baik dan terinformasi. Oleh karena itu, penerapan aplikasi ini dapat membantu organisasi dalam mengelola risiko sehingga meningkatkan operasional dan kepercayaan kepada stakeholder. 

Aplikasi manajemen risiko membantu organisasi atau perusahaan dalam mengidentifikasi, menilai, hingga pengendalian risiko secara cepat dan akurat. Sistem informasi ini menampilkan data dan proses penanganan risiko dengan dashboard yang interaktif. Sehingga user mudah untuk mengetahui sejauh mana proses pengelolaan risiko ditangani.

Baca juga artikel tentang Pengenalan Aplikasi E-GRC ManRisk (Aplikasi Manajemen Risiko) melalui Visitasi Perumda Tirta Raharja

Pendekatan manajemen risiko telah disusun sendiri oleh PLN EPI dan disesuaikan dengan kebutuhan organisasi dengan mempertingkan SDM, infrastruktur, dan transmigrasi data. Dengan terintegrasinya aplikasi ini dengan aplikasi dapat membantu pengelolaan risiko pada organisasi. Implementasi aplikasi manajemen risiko diharapkan dapat membantu meningkatkan operasional dan tercapainya visi misi.


Bagaimana pengimplementasian manajemen risiko di perusahaan anda?. Informasi lebih lanjut tentang aplikasi manajemen risiko Klik Disini.





Komentar