Pengembangan Aplikasi Manajemen Risiko pada PT Krakatau Tirta Industri

User Acceptance Testing (UAT) Aplikasi Manajemen Risiko PT Krakatau Tirta Industri 

       Pada tanggal 06 Oktober 2023, telah diadakan User Acceptance Testing (UAT) penggunaan Aplikasi Manajemen Risiko dari ManRisk dan acara tersebut diadakan oleh PT Krakatau Tirta Industri. UAT adalah kegiatan pengujian perangkat lunak yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk memastikan aplikasi yang dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan. 

       Kegiatan tersebut dihadiri oleh para stakeholder dari PT Krakatau Tirta Industri. Proses pengembangan Aplikasi Manajemen Risiko telah dilakukan sejak bulan Juli 2023. Tujuan dari kegiatan User Acceptance Testing (UAT) ini untuk memberikan pengenalan tentang aplikasi Manajemen Risiko KTI. Di sisi lain juga mendapatkan gambaran kebutuhan perusahaan apakah sudah disesuaikan ke dalam sistem yang telah dikembangkan. 

Aplikasi manajemen risiko, e-grc, manrisk

Tahapan Pertama

        Acara UAT kemarin dibuka oleh pembawa acara yang lalu diserahkan kepada kepala divisi teknologi informasi dari KTI. Setelah sambutan dari kepala divisi teknologi informasi KTI, UAT dimulai dengan panduan form UAT sebagai tahapan pertama. Pada tahapan pertama dilakukan pengecekan yang dilakukan oleh tim IT KTI seperti penambahan user, pengecekan log aktivitas, dan perubahan konfigurasi.

Tahapan Kedua

        Tahapan kedua adalah UAT UMPR tahapan ini meliputi penyiapan data-data kriteria risiko. Contoh data kriteria risiko seperti tingkat risiko, tingkat dampak risiko seberapa sering dan seberapa besar dampak pada organisasi, dan kategori risiko. Dan yang terakhir dilakukan UAT untuk staff KTI, tahapan ini dilakukannya penginputan identifikasi, analisis, pengendalian lanjutan kemudian diajukan kepada pemlik risiko. Selanjutnya dilakukan pengetasan risiko untuk melakukan persetujuan terhadap risiko yang diajukan untuk diproses pengelolaan risiko.

      PT KTI ingin meningkatkan asas-asas Good Corporate Governance (GCG) dengan memaksimalkan penggunaan teknologi melalui pengembangan sistem informasi manajemen risiko. Aplikasi manajemen risiko adalah perangkat lunak yang membantu prusahaan atau pebisnis untuk mengidentifikasi, menilai, mengevaluasi, dan memonitoring risiko. Software manajemen risiko dibuat berdasarkan ISO 31000 sehingga dapat membantu KTI dalam mengelola risiko dan meningkatkan nilai perusahaan. Sistem informasi manajemen risiko dapat membantu perusahaan dalam memantau proses mitigasi manajemen risiko dengan adanya tampilan laporan yang realt-time dan dashboard yang interaktif. Informasi lebih lanjut tentang aplikasi manajemen risiko klik disini.

Sistem Informasi Manajemen Risiko
UAT Aplikasi Manajemen Risiko

Komentar