Bisnis di Bidang Jasa Memiliki Risiko Yang Harus Kamu Ketahui!

Risiko pada Industri Bisnis di Bidang Jasa yang Perlu Diketahui

Risiko pada bisnis d bidang jasa


Pengertian Bisnis di Bidang Jasa

Bisnis jasa adalah jenis usaha yang menawarkan layanan atau skill kepada konsumen. Berbeda dengan bisnis yang menjual produk fisik, bisnis jasa tidak menghasilkan barang yang dapat dipegang atau dimiliki oleh konsumen. Nilai dari bisnis jasa adalah pengetahuan, keahlian, atau pengetahuan yang dimiliki oleh penyedia layanan. Ketika menjalankan bisnis perlu diingat, sekecil apapun bisnis pasti memiliki risiko yang dapat mengakibatkan kerugian dan bahkan bangkrut. Berikut beberapa bisnis di bidang jasa beserta risiko yang biasa terjadi :

1. Jasa profesional

Bisnis jasa profesional menawarkan keahlian dan pengetahuan yang tinggi kepada individu atau organisasi. Jasa yang biasa ditawarkan antara lain pengacara, design grafis, dan teknologi informasi. Jenis ini memiliki beberapa risiko yang dapat mengakibatkan kerugian. Berikut jenis risiko yang sering terjadi :

  • Risiko reputasi
Reputasi yang buruk dapat merusak kepercayaan pada klien dan berakibat hilangnya bisnis. Bagaimana solusi dari risiko reputasi?. Berikan pelayanan berkualitas tinggi secara konsisten, jaga komunikasi yang transparan dan terbuka dengan klien, dan tanggapi keluhan dengan cepat dan profesional.
  • Risiko hukum
Hal ini biasa terjadi karena kesalahan yang dapat mengakibatkan tuntutan hukum, denda, dan reputasi. Risiko ini dapat diantasipasi dengan menerapkan sistem kontrol yang ketat untuk meminimalisir kesalahan, tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru sesuai bidang, dan dapatkan nasihat hukum jika diperlukan.
  • Risiko persaingan
Persaingan yang ketat dapat mengakibatkan sulitnya menarik dan mempertahankan klien. Dengan membangun reputasi yang kuat untuk pelayanan kualitas tinggi dapat mempertahankan dan menarik klien.

2. Jasa Transportasi

Bisnis jasa transportasi jenis usaha menyediakan layanan pengangkutan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain. Jasa ini memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, membantu orang untuk bepergian, bekerja, dan berbisnis. Apalagi di era online shop seperti sekarang ini, jasa transportasi sangat dibutuhkan melalui pengiriman barang. Namun, ada yang harus selalu diingat bahwa setiap bisnis memiliki risiko. berikut risiko yang terjadi pada jasa transportasi :
  • Risiko kecelakaan
risiko ini mengakibatkan kerusakan properti, cidera, bahkan kematian. Hal ini dapat berakibat pada tuntutan hukum, denda, dan reputasi. Untuk mengurangi risiko ini, tetapkan standar keselamatan yang ketat untuk pengemudi dan kendaraan dan memiliki asuransi yang memadai untuk melindungi bisnis dari tuntutan hukum.
  • Risiko kemacetan
risiko ini menyebabkan tertundanya dan frustasi bagi pelanggan. Hal ini dapat merusak reputasi bisnis dan berakibat hilangnya pelanggan. Solusi dari risiko ini dengan mengoptimalkan rute dan jadwal untuk menghindari kemacetan.
  • Risiko kenaikan bahan bakar
kenaikan bahan bakar dapat meningkatkan biaya operasional dan memaksa anda untuk menaikan harga layanan. Untuk mengurangi kerugian pada bisnis, pertimbangkan untuk menaikkan harga layanan secara bertahap dan berikan penjelasan pada pelanggan.

Pentingnya Manajemen Risiko pada Bisnis

Manajemen risiko merupakan hal yang harus diterapkan untuk mengurangi ataupun menghindari kerugian. Dengan manajemen risiko kita dapat mengantisipasi dampak yang diberikan oleh risiko, jika  risiko terjadi. Terkadang risiko juga tidak dapat kita ketahui kapan datangnya, sehingga tanpa kita sadari risiko sudah memberikan dampak pada proses bisnis. Manajemen risiko dapat lebih efektif dengan melibatkan teknologi dalam penerapannya. Melalui sistem informasi manajemen risiko anda dapat memaksimalkan manajemen risiko untuk lebih proaktif lagi. Sistem ini juga membantu menyimpan data history manajemen risiko agar risiko yang berhasil dikendalikan dapat diterapkan kembali atau dikembangkan mitigasinya apabila risiko lama terjadi lagi.

Salah satu aplikasi manajemen risiko yang dijamin dapat memaksimalkan manajemen risiko anda adalah manrisk id. Manrisk.id dibuat berdasarkan ISO 31000 dimana proses manajemen risiko sudah dibuat urut alurnya. Dengan tampilan yang interaktif anda dapat memantau progres dari manajemen risiko di bisnis anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai manrisk id dapat cek instagram @manrisk.id atau melalui website manrisk.id

Komentar