Pengembangan Aplikasi RMS (Risk Management System) Pada PT Hutama Karya

Pengembangan Aplikasi RMS (Risk Management System)

    Dalam lingkungan bisnis yang semakin komplek saat ini, pengelolaan risiko menjadi aspek penting yang menentukan kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Khususnya PT Hutama Karya, dimana sumber daya manusia, proses operasional, dan efisiensi kinerja berperan penting. Sehingga hal ini membutuhkan manajemen risiko yang lebih proaktif untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu, PT Hutama Karya mengembangkan Aplikasi RMS yang dikerjakan langsung oleh MANRISK. 

    Aplikasi ini dibuat sesuai kebijakan PT Hutama Karya dalam meningkatkan GCG (Good Corporate Governance) berdasarkan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik[1]Pengembangan Aplikasi Risk Management System dimulai pada bulan Maret 2024 dan pada bulan Juli 2024 telah berhasil dikembangkan. Sebagai langkah selanjutnya, MANRISK melakukan UAT (User Acceptance Testing) dan sosialisasi software manajemen risiko bersama PT Hutama Karya. 

manrisk.id bersama pt hutama karya

User Acceptance Testing (UAT) Aplikasi RMS

    Pada Senin, 22 Juli 2024 telah diadakan User Acceptance Testing (UAT) Aplikasi RMS dan acara ini dihadari oleh seluruh divisi manajemen risiko dari PT Hutama Karya. UAT ini bertujuan untuk memberikan pengenalan Aplikasi Risk Management System dan meninjau apakah software sudah disesuaikan ke dalam sistem sesuai dengan regulasi yang diperlukan. 

User Acceptance Testing Aplikasi RMS
User Acceptance Testing Aplikasi Risk Management System

    Setelah dilakukan pengecekan dan percobaan pada software, dimana pengembangan sudah sesuai dengan regulasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. UAT selesai hanya dengan 1 hari dan software siap untuk sosialisasikan. 

Sosialisasi Aplikasi RMS (Risk Management System)

Gladi Bersih Sosialisasi Aplikasi RMS PT Hutama Karya

    Melalui gladi bersih yang dilakukan H-1, tim dari MANRISK dan PT Hutama Karya melakukan uji coba pada tahapan-tahapan penginputan data manajemen risiko ke software.  Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa software sudah siap dan tidak mengganggu proses berjalannya acara. 

Pembukaan Acara oleh MC

Ceremony Go Live! Aplikasi RMS PT Hutama Karya

    Pada Rabu, 24 Juli 2024 telah diadakan Sosialisasi Aplikasi RMS milik PT Hutama Karya di HK Tower. Peluncuran Aplikasi RMS (Risk Management System) diadakan di HK Tower dengan jumlah peserta 150 orang. Acara ini dibuka oleh MC pukul 08.30 WIB, yang dilanjut dengan sambutan oleh Ibu Sugiarti sebagai Direktur Manajemen Risiko PT Hutama Karya dan Bapak Paryanto sebagai Executive Vice President Pengelola Risiko. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan Launching Aplikasi RMS (Risk Management System) PT Hutama Karya.
 
Sambutan dari Direktur Manajemen Risiko
Sambutan Ibu Sugiarti selaku Direktur Manajemen Risiko PT Hutama Karya
Sambatuan EVP Pengelola Risiko
Sambutan Bapak Paryanto selaku Executive Vice President Pengelola Risiko



Pengenalan Aplikasi RMS (Risk Management System) PT Hutama Karya

    Setelah diadakannya launching Aplikasi Risk Management System, dilanjutkan dengan acara inti yaitu workshop Aplikasi RMS PT Hutama Karya. Pada workshop kali ini diisi oleh pihak MANRISK sebagai pengembang Aplikasi Risk Management System. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi secara umum, terutama cara input penggunaan aplikasi. Workshop kali ini terdiri dari 3 sesi, pertama perencanaan manajemen risiko, kedua input realisasi, dan ketiga tanya jawab.

Pengenalan Aplikasi Manajemen Risiko
Pengenalan Aplikasi RMS

Sesi Pertama Workshop Aplikasi RMS    

        Pada sesi pertama, setelah penjelasan penginputan data risiko, kita berfokus pada penginputan risk limit (limit risiko) yang bertujuan agar user paham bagaimana menginputkan risk limit melalui Aplikasi Risk Management System. Hal ini difokuskan agar organisasi mengetahui batas-batas yang tidak boleh dilanggar oleh perusahaan dalam aktivitas bisnis. Melalui risk limit, organisasi dapat mengukur dan mengendalikan eksposur terhadap risiko.

Pengenalan Fitur Perencanaan Aplikasi Manajemen Risiko
Pengenalan Perencanaan Manajemen Risiko

    Setelah peserta paham dengan penginputan risk limit, risiko ditinjau untuk disetujui tingkat risiko yang dapat untuk suatu aktivitas atau proyek tertentu. Persetujuan risiko bertujuan untuk memastikan bahwa semua pihak terkait memahami dan menyetujui tingkat eksposur terhadap risiko yang dihadapi. Selain itu, hal ini juga memiliki tujuan meningkatkan transparansi dalam pengambilan persetujuan dan mengurangi kemungkinan terjadinya kerugian yang tidak diinginkan.

Sesi Kedua Workshop Aplikasi RMS 

     Sesi selanjutnya diisi dengan input realisasi risiko, pada sesi kali ini user memasukkan data aktual atau hasil yang terjadi terkait risiko yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hal ini bertujuan agar user dapat membandingkan realisasi dengan proyeksi, mengevaluasi rencana, dan memperbaiki rencana. Penginputan realisasi dapat memberikan manfaat seperti peningkatan akurasi perkiraan, peningkatan kualitas pengambilan keputusan, peningkatan efisiensi, dan peningkatan ketahanan organisasi.
Penginputan Realisasi Manajemen Risiko
    Aplikasi RMS memiliki peran penting dalam mengelola risiko dan menjamin efisiensi serta efektivitas pada organisasi. Pengembangan aplikasi ini terselesaikan dengan UAT (User Acceptance Testing) dan Sosialisasi Aplikasi RMS yang disertai dengan Launching Risk Management System yang diikuti oleh 150 peserta. Dengan pengembangan Aplikasi RMS, PT Hutama Karya berkomitmen meningkatkan GCG (Good Corporate Governance) berdasarkan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.


    Manajemen Risiko merupakan hal yang harus diperhatikan, sehingga PT Hutama Karya mencari solusi untuk meningkatkan budaya manajemen risiko yang lebih proaktif. Langkah memilih MANRISK sebagai pengembang Aplikasi RMS (Risk Management System) merupakan hal yang berharga. MANRISK menawarkan fitur SPI (Satuan Pengawas Internal), Assessment GCG, Manajemen Risiko, dan Manajemen Peluang. Dengan Aplikasi RMS, dapat meningkatkan kepercayaan stakeholder dan membawa dampak positif bagi organisasi.




Komentar